Selamat Datang di Official Website BPR Buana Artha Lestari.        ● Cegah Corona Virus: pakai masker, rajin cuci tangan dengan air + sabun, jaga jarak, dan jaga kesehatan badan        ● Ajukan kredit secara online: lebih cepat dan mudah.       

LPS Pangkas Suku Bunga Penjaminan

Selasa, 15 Oktober 2019 | artikel umum

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam rapat Dewan Komisioner (23/9/2019) menetapkan penurunan suku bunga penjaminan (LPS rate) untuk simpanan rupiah dan valuta asing pada bank umum dan bank perkreditan rakyat masing-masing sebesar 25 basis poin (bps). Ketentuan ini berlaku mulai tanggal 26/9/2019 hingga 24/1/2010. Dengan penurunan ini, maka bunga penjaminan LPS untuk simpanan rupiah turun menjadi 6,5%, valuta asing 2%, dan simpanan rupiah di BPR 9%. Demikian dijelaskan Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah dalam konferensi pers hari Selasa 24/9/2019.

Keputusan ini diambil setelah sebelumnya Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin (bps) menjadi 5,25%. LPS menilai bahwa kondisi suku bunga simpanan sudah berada dalam tren yang stabil. Penurunan suku bunga penjaminan LPS diharapkan dapat mempercepat transmisi penurunan suku bunga deposito di bank. Menurunnya suku bunga deposito berimbas pada mengecilnya biaya dana yang harus dikeluarkan oleh bank. Hal ini akan mempengaruhi perhitungan suku bunga pinjaman atau kredit. Suku bunga pinjaman yang rendah pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan kredit yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Diharapkan dalam tempo tiga bulan sejak keputusan ini berlaku, penurunan bunga kredit sudah dapat dinikmati debitur. Halim menambahkan, LPS akan terus melakukan evaluasi serta penyesuaian terhadap kebijakan tingkat bunga penjaminan sesuai dengan perkembangan suku bunga simpanan perbankan dan hasil asessmen atas perkembangan kondisi ekonomi, likuiditas, serta stabilitas sistem keuangan.