Selamat Datang di Official Website BPR Buana Artha Lestari.        ● Cegah Corona Virus: pakai masker, rajin cuci tangan dengan air + sabun, jaga jarak, dan jaga kesehatan badan        ● Ajukan kredit secara online: lebih cepat dan mudah.       

Tips Hemat Yang Ternyata Keliru

Selasa, 17 Desember 2019 | artikel blog

Mengatur keuangan, pengeluaran, dan gaya hidup adalah sebuah kewajiban untuk kelangsungan hidup kita yantg lebih baik. Berhemat adalah hal yang rasanya sangat wajib kita lakukan agar uang tetap pada jalur yang benar dan tidak pergi ke pengeluaran yang salah. Dibutuhkan kedisiplinan dan konsistensi yang tinggi agar gerakan berhemat ini berjalan dengan lancar.

Mungkin dari anda sudah banyak menemui tips tips hemat yang mengharuskan anda melakukan banyak hal dengan tujuan agar anda tidak menghamburkan uang untuk hal hal yang tidak perlu. Tapi ternyata, tidak semua tips hemat yang bertebaran di luar sana benar dan tepat. Ada beberapa tips yang keliru justru membuat kita makin boros. Waduh, tips apa aja ya yang keliru ? Ini dia….

 

 

1. Bikin Barang DIY Malah Makin Boros

Untuk anda yang menganggap bahwa dengan tidak membeli barang baru tapi membuatanya sendiri akan membuat anda lebih hemat, anda harus memikirkan ulang anggapan tersebut. Selain karena menggunakan banyak barang, DIY (Do It Yourself) kadang juga berisiko gagal. Alih-alih berhemat, kamu justru akan mengeluarkan uang lebih kalau kerajinan yang kamu buat malah gagal.

 

2. Membeli Barang Bekas Ga Selamanya Hemat

Membeli barang bekas jelas bisa menghemat pengeluaran anda terhadap suatu barang. TV bekas, kulkas bekas, bahkan sepatu bekas banyak sekali diminati oleh masyarakat jaman sekarang. Memang di awal, barang-barang bekas ini terasa sangat murah dan worth it. Tapi yang namanya barang bekas, tentu durabilitasnya sudah sangat buruk sehingga anda malah harus mengeluarkan kocek lebih untuk biaya servis dan perawatan lainnya. Jadi piker-pikir lagi yaa kalau mau beli barang bekas, worth it apa enggak.

 

3. Menabung Tidak Harus Selalu Dengan Jumlah Yang Besar

Jika kebanyakan tips keuangan mengharuskan anda menyisihkan paling tidak 15% dari penghasilan untuk ditabung, ternyata ini tidak sepenuhnya benar. Pola piker menabung harus dalam jumlah yang banyak adalah salah besar. Menabunglah dengan jumlah yang tidak terlalu besar namun dengan konsistensi dan kedisiplinan yang tinggi. Jadi buian seberapa besar nominal yang anda tabung, tapi dari berapa sering anda menabung.

 

4. Belanja Online Bikin Hemat, Yakin?

Anggapan jika membeli barang via online akan membuat kita hemat mungkin perlu dipikir pikir lagi. Memang barang-barang yang dijual di marketplace terasa jauh lebih murah dibandingkan dengan toko offline biasa. Tapi mungkin anda lupa dengan ongkir atau ongkos kirim. Jumlah uang yang harus anda bayarkan mungkin jauh lebih besar daripada saat anda membeli barang secara offline.

 

Jadi sebelum berhemat, renungkanlah dan pikirkanlah dulu secara matang apakah effort yang kita lakukan untuk menghemat pengeluaran mendapatkan hasil yang worth it atau jutsru memperburuk keadaan ekonomi. Selamat berhemat dengan benar dan selamat mencoba!

 

Sumber: www.hipwee.com