Selamat Datang di Official Website BPR Buana Artha Lestari.        ● Cegah Corona Virus: pakai masker, rajin cuci tangan dengan air + sabun, jaga jarak, dan jaga kesehatan badan        ● Ajukan kredit secara online: lebih cepat dan mudah.       

Tips Menabung Unik dan Efektif

Selasa, 01 Oktober 2019 | artikel blog

Untuk kamu yang sering mengeluh kehabisan uang di tanggal tua, atau kesulitan membeli barang impian karena gaji selalu habis untuk hal-hal yang tidak disadari, paksakan dirimu untuk menyisihkan uang atau menabung. Menabung akan membantumu tetap eksis di akhir bulan atau memungkinkanmu untuk membeli barang impian yang kamu inginkan sejak lama. Tapi, jika kamu adalah tipe orang yang doyan jajan atau dirasa sulit sekali untuk menelatenkan diri menabung, berikut ada cara unik, mudah, dan efektif agar uang cadangan selalu hadir untukmu kapanpun kamu membutuhkannya.

  • The Power of 20.000

Instead of Rp 10.000, uang Rp 20.000 akan membuat tabunganmu lebih cepat terkumpul banyak bahkan tanpa kamu sadari. Tips menabung ini diperkenalkan oleh seorang motivator bernama Ippho Santosa. Caranya, jika dalam satu hari kamu berbelanja apapun dan menerima kembalian uang 20.000an, maka uang tersebut wajib masuk ke dalam celenganmu. Jadi misalkan menerima 3 lembar uang Rp 20.000an maka uang-uang tersebut harus menghuni celenganmu. Dengan cara ini, dalam seminggu kamu sudah bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp 420.000 dan sebulan bisa mencapai Rp 1.800.000. Bagaimana, tertarik? Ayo mulai menabung.

  • Menabung Terbalik Tanggal

Hal yang perlu kamu ingat dari esensi menabung adalah menabung itu bukannya menyisihkan uang sisa, tapi menyisihkan uang sebelum kamu pakai. Cara yang satu ini bisa ampuh untuk kamu yang mungkin belum siap menyisihkan uang Rp 20.000an setiap hari. Menabunglah sesuai tanggal tapi terbalik.

Jadi misalnya dalam satu bulan terdapat 31 hari. Maka pada tanggal 1 kamu harus menabung Rp 31.000 kemudian tanggal 2 sebesar Rp 30.000 kemudian tanggal 3 sebesar Rp 29.000 dan seterusnya sampai di tanggal 31 kamu menabung sebesar Rp 1.000 saja. Enteng, kan?

  • Kumpulkan Uang Receh

Buat kamu yang sering menganggap remeh uang recehan, tips menabung ini bisa merubah pola pikirmu. Kalau kamu pernah mendengar pepatah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi pailit, eh bukit” nah pepatah ini cocok untuk cara menabung recehan ini.

Siapkan wadah yang cukup besar untuk menampung semua uang koinmu. Di malam hari sebelum kamu tidur, periksa dompet, saku celana dan baju, dan tasmu. Berapapun koin receh yang kamu temukan di sana, kumpulkan dan masukan semuanya ke dalam wadah. Semuanya!

Pernah mendengar ada orang membeli sepeda motor secara kontan menggunakan uang receh? Nah kamu juga bisa. Ayo rajin-rajin mengumpulkan uang receh ya.

  • Menabung Nominal Uang Terkecil

Cara yang satu ini bisa digunakan untuk kamu yang sudah bertekad bulat untuk menabung. Sepulangmu di rumah, coba cek dompetmu. Nominal uang terkecil yang ada di dompetmu pada saat itu adalah nominal yang wajib kamu masukan ke dalam tabunganmu.

Semisal kamu menemui nominal terkecil adalah Rp 5.000, ya tabungkanlah. Atau jika kamu menemui nominal terkecil Rp 50.000, ya tetap tabungkanlah. Kalau yang terkecil Rp 100.000? Ya tetap menabung.

Sumber: www.koinworks.com