Selamat Datang di Official Website BPR Buana Artha Lestari.        ● Cegah Corona Virus: pakai masker, rajin cuci tangan dengan air + sabun, jaga jarak, dan jaga kesehatan badan        ● Ajukan kredit secara online: lebih cepat dan mudah.       

Usia 20-an Sudah Harus Mandiri Mengurus Materi. Apa Alasannya?

Selasa, 08 Oktober 2019 | artikel blog

Generasi muda jaman sekarang, terutama golongan usia 17-20 tahun yang disebut sebagai usia pencarian jati diri, seringkali masih hidup dalam kenyamanan materi karena sebagian besar kebutuhan dan keinginannya masih ditanggung oleh orang tua. Mudah sekali rasanya untuk meminta uang ke orang tua bahkan dalam jumlah yang besar. Namun sebenarnya, di masa persaingan ekonomi yang semakin kompleks seperti saat ini, anak muda usia 20-an harusnya sudah bisa mandiri soal materi dan mampu menciptakan uang mereka sendiri.

Saat inipun tidak sedikit kita temui banyak anak muda usia di bawah 21 tahun yang sudah menjadi pengusaha meskipun dalam skala yang kecil. Tapi paling tidak mereka sudah paham bahwa untuk mendapatkan uang 10.000 saja itu susahnya bukan main. Contoh seperti ini yang harus mulai ditanamkan kepada anak muda Indonesia agar bisa mandiri dan bertanggung jawab atas uang yang mereka miliki.

Bukan karena orang tua pelit dan memaksa anak mereka untuk bekerja walaupun belum waktunya. Tapi lebih kepada menanamkan jiwa bertanggung jawab dan tidak manja. Mau tahu alasan mengapa anak usia 20-an seharusnya sudah bisa mandiri dalam segi materi  ini jawabannya.

1. Kamu Harus Tahu Bahwa Mencari Uang Tidak Semudah Minta Ke Orang Tua

Anak di awal usia 20-an seharusnya sudah bisa mengerti bahwa mencari uang itu susah. Bahkan sangat susah. Ada banyak hal yang perlu dihadapi. Mulai dari mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, menghadapi penolakan dari perusahaan, bekerja lembur, menghadapi persaingan antar teman kerja, hingga menghadapi rasa bosan.

Kamu harus sadar bahwa mendapatkan barang yang kamu ingini tidak sesimple minta uang ke orang tua. Ada harga yang harus dibayar terlebih dahulu. Jadi mulai sekarang, perlahan mulailah memahami bagaimana sulitnya orang tua kamu bekerja banting tulang mencari uang sehingga kamu bisa menghilangkan sifat manja, gengsi, seiring berjalannya waktu.

2. Kamu Harus Sadar, Kebutuhanmu di Masa Depan Akan Semakin Banyak

Sewaktu kamu masih TK atau SD, kebutuhan yang kamu butuhkan paling hanya keperluan sekolah kamu atau uang jajan yang tidak banyak jumlahnya. Menginjak remaja kamu mulai mengerti bahwa kamu perlu yang namanya nongkrong sama teman temanmu, berlibur bersama teman temanmu, membayar biaya internet setiap bulan, beli pulsa, hingga mengganti model rambut yang sesuai dengan tren saat ini.

Semakin bertambah usia, kebutuhanmu semakin kompleks. Biaya kuliah, biaya ngeprint tugas, biaya bensin, dsb. Tentu saja biaya-biaya tersebut tidak bisa selamanya kamu dapatkan dari dompet orang tuamu. Mau tidak mau kamu harus mencari uangmu sendiri untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri.

3. Karena Kamu Paham Susahnya Mencari Uang, Maka Akan Melindungimu dari Sifat Boros

Saat kamu sudah paham bahwa mencari uang itu sulit maka kamu akan berpikir dua kali untuk sekedar membeli baju baru demi mengikuti tren  yang sedang booming. Pemahaman mandiri dalam segi materi sejak usia remaja menjadi sangat penting buat kamu karena pada akhirnya kamu paham bahwa kebutuhan sandang, pangan, papanmu sudah tidak begitu urgent lagi karena kamu paham mana yang perlu di prioritaskan terlebih dahulu.

Selain mengerti soal prioritas, kamu juga akan mengerti dengan konsep beryukur. Biarlah teman temanmu masih suka menghambur hamburkan uang demi menjadi gaul dan up-to-date sedangkan kamu lebih memilih untuk mencukupkan diri dengan apa yang kamu punya.

4. Kelak Peran Akan Berganti, Kamu Yang Akan Mengurus Orang Tuamu

Seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin dewasa dan orang tuamu pun akan semakin tua dan tidak mampu bekerja seperti sedia kala. Di saat seperti inilah kamu akan merasakan bahwa mandiri dalam materi di usia muda sangatlah penting dan berguna. Jika kamu sudah terbiasa mencari uang sendiri di usia mudamu, maka di usia dewasamu kamu akan sangat ringan untuk mengurus orang tua mu dengan uang mu sendiri. Tidak hanya itu, kamu juga sudah tidak kaget jika saat menikah nanti kamu harus menyokong kebutuhan rumah tangga yang semakin rumit, belum lagi membiayai anakmu nanti.

Jangan menunda waktu lebih lama lagi untuk mulai mandiri dalam segi materi yang kamu miliki. Masa semakin cepat berjalan. Waktu berputar lebih cepat. Waktumu untuk memutuskan menjadi pribadi yang manja atau mandiri harus dimulai sejak sekarang. Seperti pepatah bilang “Bersakit Sakit Dahulu, Bersenang Senang Kemudian”. Selamat mencoba dan menjadi sukses di masa mudamu!

(sumber: www.hipwee.com)